Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereTokoh Kebangunan Rohani / Charles G. Finney: Pembaru Rohani dan Sosial

Charles G. Finney: Pembaru Rohani dan Sosial


Dirangkum oleh: Riwon Alfrey

Charles G. Finney adalah tokoh pemimpin kebangunan rohani gelombang kedua di Amerika Serikat sekitar tahun 1800. Lahir di New England pada tahun 1792 dalam keluarga Kristen Presbiterian. Tahun 1818, dia mempelajari hukum di sebuah biro hukum di Adams, New York, dan diterima sebagai pengacara negara. Sambil belajar hukum, selama berada di Adams, Finney juga menghadiri ibadah di Gereja Presbiterian. Khotbah yang disampaikan George W. Gale, pendeta gereja itu, menarik perhatian Finney. Dia juga tertarik mempelajari Alkitab karena menemui banyak acuan ke Alkitab dalam buku-buku hukum yang dia pelajari, ditambah lagi diskusi-diskusi yang sering dia lakukan dengan Pendeta Gale. Hal itu membawa Finney untuk menerima Kristus sebagai Juru Selamatnya pada tahun 1821, setelah sebelumnya mengalami pergumulan rohani yang panjang untuk mengakui bahwa Alkitab adalah benar-benar firman Allah. Finney berkata, "Aku telah dibayar oleh Tuhan Yesus Kristus untuk membela perkara-Nya."

Charles G. Finney

Sebelum pertobatannya, Finney mengalami pengalaman rohani yang luar biasa, yang mengubah pandangannya mengenai pertobatan dan menentukan perjalanan kehidupannya selanjutnya. Finney mengembara dalam hutan-hutan untuk beberapa hari lamanya dan berdoa dengan suara yang sangat keras di sana. Dalam pergumulannya, suatu waktu dia merasa sekujur tubuhnya seperti disengat aliran listrik dan dipenuhi rasa cinta kasih yang luar biasa. Finney mengatakan bahwa dia telah mengalami baptisan Roh Kudus. Pengalaman rohani dan pertobatannya menjadi awal bagi Finney dalam mencurahkan seluruh perhatiannya untuk berkhotbah.

Pendeta Gale diminta oleh Gereja Presbiterian untuk mengawasi Finney dalam mempelajari hal-hal seputar pelayanan gereja/mimbar. Walaupun banyak perbedaan pendapat antara Pendeta Gale dan Finney mengenai beberapa doktrin, akan tetapi Finney banyak belajar dari buku-buku yang ada dalam perpustakaan Pendeta Gale. Finney sempat merasa lebih baik tidak usah berkhotbah daripada dipaksa sependapat dengan beberapa keyakinan doktrin Pendeta Gale yang dia anggap tidak sesuai dengan keyakinannya. Akan tetapi, dia mendapat dorongan dan doa dari seorang penatua gereja yang juga setuju dengan pendapat Finney.

"Aku telah dibayar oleh Tuhan Yesus Kristus untuk membela perkara-Nya." (Charles G. Finney)



EmailFacebookTwitterTelegramWhatsApp



Pada tahun 1824, akhirnya Finney ditahbiskan oleh Gereja Presbiterian di Adams dan diizinkan untuk berkhotbah. Finney berkhotbah dengan lantang dan berbicara kepada para pendengarnya dengan gaya langsung dan sederhana. Dia berusaha menghindari gaya teater di podium, tetapi dia berupaya mendapatkan perhatian mereka yang mendengar khotbahnya. Menurutnya, umat manusia tidak akan bertindak sebelum mereka tertarik. Dia memberi petunjuk-petunjuk bagi seorang pengkhotbah untuk membawa seseorang kepada pertobatan dalam bukunya yang berjudul Lecture on Revivals of Religion. Di dalamnya, dia menjelaskan bahwa kebangunan rohani bukanlah mukjizat atau bergantung pada mukjizat dalam hal apa pun, tetapi merupakan hasil tepat guna dari cara-cara yang sudah ada. Finney berpendapat bahwa khotbah harus disampaikan dengan berapi-api, disertai doa-doa yang panjang dan penuh perasaaan. Khotbah juga harus mendorong seseorang untuk mengambil keputusan bertobat atau tidak.

Perry Miller berkata, "Ketika dia membuka mulutnya, dia membidikkan sebuah senjata. Ketika dia berbicara, bombardir dimulai. Lebih dari setengah juta orang telah berubah selama pelayanannya. Dia menyebarkan sebuah kebangunan rohani yang telah mengubah sejarah." Kebangunan rohani pada tahun 1830 di Rochester, New York, yang dipimpinnya, membuatnya dikenal sebagai tokoh kebangunan rohani Amerika. Selama masa kebangunan rohani, tindakan Finney yang paling kontroversial adalah mengizinkan wanita untuk memimpin doa selama pertemuan ibadah, menyerukan nama-nama orang berdosa ketika berkhotbah -- mereka ditempatkan di depan dan duduk di "bangku kerinduan" agar dapat didoakan, mengadakan pertemuan-pertemuan panjang tanpa perencanaan, dan mengajarkan kemungkinan pemberantasan dosa secara pribadi maupun dalam masyarakat. Finney juga termasuk tokoh yang berjuang untuk penghapusan perbudakan, minuman keras, dan pakaian yang berlebih-lebihan di Amerika Serikat. Khotbah-khotbah ini menjadi alasan isu gerakan reformasi sosial pada abad ke-18 di Amerika.

Secara lengkap, berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi sepanjang perjalanan hidup Finney, termasuk di dalamnya kiprah dan kehidupan pribadi dan keluarganya.

Tahun Peristiwa
1792 Charles G. Finney lahir di Warren, Litchfield County, Connecticut.
1794 Hijrah ke Oneida County, New York.
1812 Hijrah ke Warren, Connecticut, dan tinggal dengan pamannya.
1814 Hijrah ke New Jersey untuk mengajar di sekolah umum.
1818 Kembali ke Henderson, Jefferson County, New York, karena kesehatan ibunya memburuk.
1821 Belajar hukum di firma hukum Wright dan Wardwell di Adams, New York.
1821 Oktober menerima Kristus dan dibaptis Roh Kudus di Adams, New York.
1823 25 Juni mulai belajar teologi di St. Lawrence Presbytery di Adams, New York. Pada 30 Desember, diizinkan untuk berkhotbah di St. Lawrence Presbytery di Adams, New York.
1824 Pada 17 Maret, diutus sebagai seorang misionaris oleh Female Missionary Society. Pada 7 Mei, diberhentikan dari Local Masonic Chapter. Pada hari yang sama, dia ditahbiskan oleh Oneida Presbytery. Selanjutnya pada 5 Oktober, dia menikah dengan Lydia Root Andrews, yang lahir pada 8 Maret 1804.
1826 Mulai mengadakan kebaktian kebangunan rohani di New York.
1826 Pada bulan Januari, dia mengkhotbahkan Can Two Walk Together Except They Be Agreed? di Troy, New York.
1826 Pada 8 Juli, khotbah di New Lebanon Convention, New Lebanon, New York. Mengikuti konferensi tentang New Measures, kebangunan rohani, dan sebagainya dengan Nettleton, Beecher, dll..
1828 Pada 8 Juni, putri pertamanya, Helen Clarissa, lahir.
1828 Khotbah kebangunan rohani di Philadelphia dan New York.
1829 Kebangunan rohani berlanjut di Gereja Reformed Jerman, Philadelphia; dan Lancaster, Pennsylvania.
1830 Pada 28 Maret, putra pertamanya, Charles Beman, lahir.
1830 Pelayanan kebangunan rohani selama enam bulan di Rochester, New York.
1831 Pertemuan kebangunan rohani di Auburn, Buffalo, dan Boston; dia mengkhotbahkan Sinners Bound to Change Their Own Hearts.
1832 Pada 7 Maret, putra keduanya, Frederic Norton, lahir.
1832 Pada 28 September, dia memulai tugas penggembalaan di Kapel Chatham Street, New York, yang juga dikenal sebagai Gereja Second Free.
1833 Mulai berkhotbah di New York Oberlin Collegiate Institute yang dihadiri seratus pelajar.
1834 Mengadakan pelayaran untuk misi kesehatan Mediterranean di Malta. Dalam masa ini, beragam judul khotbah diterbitkan.
1835 Dianugerahi posisi sebagai Profesor Teologi di Oberlin.
1835 Memberi kuliah tentang kebangkitan agama di Kapel Chatham Street, New York.
1835 Pada bulan Desember, buku Lectures on Revivals of Religion diterbitkan di New York.
1836 Khotbah-khotbah dengan berbagai judul diterbitkan.
1836 Pada 13 maret, mengundurkan diri sebagai pendeta Kapel Chatham Street, New York.
1836 Pada 10 April, pelayanan pertama di Gereja Broadway Tabernacle, New York.
1836 Mulai mengkhotbahkan Lectures to Professing Christians setiap minggu di B.T. New York dan diterbitkan setiap minggu dalam The New York Evangelist.
1837 Pada musim semi, menyimpulkan khotbah-khotbah Lectures to Professing Christians.
1837 Pada 16 Maret, putri keduanya, Julia, lahir.
1837 Pada 16 April, dia mengundurkan diri sebagai pendeta di Gereja Broadway Tabernacle, New York.
1837 Tulisan Lectures to Professing Christians diterbitkan dalam bentuk buku di New York.
1840 Tulisan bertema, Skeletons of a Course of Theological Lectures, diterbitkan di Oberlin.
1840 Tulisan Views of Sanctification diterbitkan di Oberlin.
1841 Putri ketiganya, Sarah, lahir.
1842 Khotbah di Revivals Rochester, New York; di Kapel Marlborough, Boston.
1842 Pada 26 Juni, Sylvester Finney meninggal.
1843 Pada 9 Maret, Sarah, putrinya, meninggal.
1843 Pada bulan Desember berkhotbah di Kapel Marlborough, Boston.
1844 Selama bulan Maret, berkhotbah di Kapel Marlborough, Boston.
1844 Putri keempatnya, Delia, lahir (meninggal pada 1 September 1852).
1844 Pelayanan pertama sebagai pendeta di Gereja First Congregational of Christ, Oberlin.
1846 Pengajaran Systematic Theology (vol. 2) ditulis dan diterbitkan di Oberlin.
1847 Pengajaran Systematic Theology (vol. 3) ditulis dan diterbitkan di Oberlin.
1847 Pada 17 Desember, istrinya, Lydia, meninggal.
1848 Tulisannya, Guide to the Savior, diterbitkan.
1848 Pada 13 November, menikah dengan Elizabeth Ford Atkinson dari Rochester, New York.
1849 Pada bulan November, mulai berkhotbah di Inggris.
1850 Selama tahun ini, dia berkhotbah di Inggris.
1851 Sekitar bulan April, dia menyimpulkan khotbah di Inggris, Systematic Theology, dalam satu jilid dan diterbitkan di Inggris.
1851 Pada 26 Agustus, dipilih sebagai Presiden Oberlin College, Oberlin.
1851 Pada April 1852, khotbah kebangunan di Gereja Broadway Tabernacle, New York; Hartford, Conn; dan di Gereja Brooklyn Plymouth Congregational.
1855 Pada musim gugur, mengadakan pertemuan di Rochester, New York.
1859 Kembali ke Inggris dan berkhotbah di sana.
1863 Pada 27 November, istri keduanya, Elizabeth, meninggal.
1864 Menikahi Rebecca Rayl (meninggal pada 12 September 1907).
1865 Mengundurkan diri sebagai Presiden Oberlin College.
1869 Tulisan The Character, Claims and Practical Workings of
Freemasonry
diterbitkan.
1871 Pembicara pada National Congregational Council Oberlin.
1872 Pensiun sebagai pendeta di Gereja First Congregational of Christ,
Oberlin.
1874 Pembicara pada National Congregational Council, Oberlin.
1875 Terakhir mengajar kelas Teologi Pastoral di Oberlin.
1875 Charles G. Finney meninggal di Oberlin.

Banyak hal yang sangat berpengaruh dalam pelayanan dan pembaharuan yang dilakukan Finney. Dia menolak segala sesuatu yang tidak alkitabiah atau tidak langsung bersumber dari Alkitab. Dia juga mengakui kehendak bebas manusia. Pengajaran-pengajarannya mendorong pertobatan. Dia bukan saja sebagai pengkhotbah rohani, tetapi juga sebagai tokoh pembaharu sosial. Finney sangat menekankan kesempurnaan kehidupan Kristen. Kesucian harus tampak dalam kehidupan setiap orang Kristen yang bertobat. Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang harus mengejar kehidupan yang suci.

 

Charles G. Finney: Pembaharu Rohani dan Sosial

 

Dirangkum dari:

1. Curtis, Kenneth, A., J. Stephen Lang dan Randy Petersen. 2001. 100 Peristiwa Penting dalam Sejarah Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hal. 125-126.
2. Lawson, Gilchrist, J. Charles G. Finney: A Brief Biography. Dalam http://www.gospeltruth.net/
3. Rogers, Jay. Charles G. Finney. Dalam http://forerunner.com/
4. Wellem, F.D.. 1999. Riwayat Hidup Singkat Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hal. 108-109.
5. __________. Chronology of Events in the Life of Charles G. Finney. Dalam http://www.gospeltruth.net/

 

Sumber: Bio-Kristi 20

Komentar


SABDA Live



Alkitab SABDA


Cari kata atau ayat:

Kamus SABDA


Media Sosial

 

Member login

Permohonan kata sandi baru