Pengantar

Kolom Pengantar Publikasi Bio-Kristi

Pengantar Bio 181 Februari 2018

Salam damai dalam Kristus,

"Persembahan kita kepada Allah tidaklah dinilai dari seberapa besar yang kita berikan, tetapi dari seberapa besar yang kita simpan." Setujukah kita dengan pernyataan tersebut? Jawaban atas kebenaran pernyataan ini dapat kita lihat dari hidup orang-orang yang menyerahkan seluruh waktu, tenaga, potensi, kemampuan, dan kekayaannya kepada Allah.

Pengantar Bio 179 Desember 2017

Salam damai dalam Kristus,

Natal akan selalu identik dengan nama Maria, perempuan yang melalui rahimnya Allah menjelma menjadi bayi di Betlehem. Kita semua tentunya sudah mengetahui benar cerita Maria dan keteladanannya yang luar biasa dalam menaati kehendak Allah. Nah, bersediakah kita untuk meneladani iman Maria? Maukah kita merendahkan diri untuk tunduk menjalani kehendak Allah dalam diri kita? Dalam menyambut Natal pada 2017 ini, publikasi Bio-Kristi menampilkan artikel mengenai Maria yang menyambut rencana Allah dengan sukacita dan tanpa ragu serta sebuah renungan Natal mengenai Allah sebagai subjek utama Natal. Kiranya kita semua diberkati dengan membaca sajian Natal kami di penghujung tahun ini.

Pengantar Bio 178 November 2017

Salam damai dalam Kristus,

Leo X menjadi salah seorang tokoh kunci dalam peristiwa reformasi gereja yang bersejarah. Tindakan dan arah kebijakannya terhadap gereja yang berjalan secara melenceng mendorong Martin Luther menuliskan 95 dalilnya di pintu gereja Wittenberg. Dunia dan terkhusus gereja Prostestan mungkin hanya mengenalnya sebagai tokoh antagonis dalam sejarah kelam gereja. Namun, bagaimana sesungguhnya sejarah dan riwayat hidupnya sebagai seorang pemimpin gereja?

Pengantar Bio 177 Oktober 2017

Salam damai dalam Kristus,

Jacques Maritain adalah seorang filsuf Katolik Perancis yang berdampak besar bagi dunia melalui pemikiran, karya, dan tulisan-tulisannya. Ia adalah salah seorang tokoh yang berpengaruh dalam pengembangan draft deklarasi universal hak asasi manusia dari UNESCO, yang jejaknya dapat dilihat dalam komentar dan uraiannya pada pembukaan deklarasi Hak Asasi Manusia.

Pengantar Bio 176 September 2017

Salam damai dalam Kristus,

Kehidupan Kristen bukanlah kehidupan yang didirikan di atas dasar keegoisan untuk pencarian kenyamanan bagi diri sendiri. Bila itu yang menjadi dasar, Kristus tentulah tidak akan berkarya di dunia dan memberikan hidup-Nya sebagai korban tebusan bagi banyak orang.

Pengantar Bio 175 Agustus 2017

Salam damai dalam Kristus,

Cukup banyak sastrawan kristiani yang memberi warna dan pengaruh pada karya-karya sastra dunia. Karya-karya mereka tidak hanya memiliki isi dan gaya yang dipuji serta memberi pengaruh pada karya-karya lainnya, tetapi juga menampakkan iman dan pergumulan mereka kepada dunia. T.S. Eliot menjadi representasi yang nyata akan hal tersebut. Perpindahan imannya dari Unitarian kepada kekristenan ternyata cukup memengaruhi gaya dan isi dari puisi-puisinya. Namanya semakin besar sebagai salah satu penyair paling berpengaruh pada abad ke-20 setelah mendapat anugerah penghargaan Nobel di bidang sastra pada tahun 1948. Mungkin isi puisi-puisinya tak mudah dimengerti oleh kaum awam, tetapi itu tidak mengurangi kepopuleran namanya sebagai salah seorang penyair besar yang pernah hidup di dunia. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai T.S. Eliot dan karya-karyanya, mari kita menyimak edisi Bio-Kristi pada bulan Agustus ini.

Pengantar Bio 174 Juli 2017

Inggris menjadi negara yang menghasilkan banyak sastrawan besar dunia sepanjang sejarah. Selain Shakespeare, C.S. Lewis, J.R.R. Tolkien, Charles Dickens, John Milton, John Keats, terdapat pula Jane Austen, Emily Bronte, dan Dorothy Sayers yang merupakan penulis-penulis wanita yang karya-karyanya dikenal dunia hingga saat ini.